Rabu, 16 Mei 2012

Server Pulsa Bagaimana Memulainya


Bisnis pulsa elektrik yang sekarang sedang booming tidak bisa lepas dari peranan yang dimainkan oleh server pulsa. Karena server pulsa inilah yang melayani semua transaksi klien.

Banyak keutungan yang bisa diperoleh jika memiliki server pulsa sendiri. Salah satunya adalah bisa mendapatkan margin harga yang lebih rendah dari suplier dan menjual ke agen sesuai kehendak pemilik server pulsa.
Server pulsa sebenarnya hampir sama dengan perangkat pc biasa. Hingga saat ini banyak pemilik server pulsa yang memanfaatkan pc sebagai server. Hal ini tentu saja sah-sah saja sejauh transaksi yang terjadi masih bisa diakomodasi.
Bahkan tidak jarang pemain server pulsa melakukan upgrade pc yang digunakan sebagai server pulsa dengan spek yang lebih tinggi. Hal ini tentunya untuk mensupport kinerja server agar tetap bisa berjalan dengan baik pada saat lalu lintas transaksi sedang padat.
Namun bagi sebagian pemain yang memiliki modal cukup akan lebih baik lagi jika menggunakan perangkat yang memang telah di desain untuk server. Karena kinerjanya akan lebih baik dibanding dengan pc biasa.
Merk yang paling dominan digunakan oleh pemain server pulsa adalah IBM dengan model paling favorit xseries. Namun belakangan popularitas server IBM semakin tersaing dengan kehadiran server Dell. Dell disamping terkenal jarang rewel harganya juga lebih murah. Kios pulsa sendiri justru malah menggunakan kedua merk tersebut baik IBM maupun Dell.
Bagi anda yang saat ini tengah tertarik untuk memiliki server pulsa sendiri ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan selain modal. Apa itu?
Agar server pulsa Anda bisa jadi tambang emas, maka sebelum memutuskan mengelola server pulsa sendiri anda harus telah memiliki agen. Ini sangat penting. Hidup mati server pulsa nantinya akan sangat bergantung dari transaksi para agen yang dimiliki. Tanpa agen apalah arti server pulsa. Hanya akan jadi besi tua.
Banyak orang yang terjun dan nekat mengelola server pulsa sendiri gagal total karena minimnya agen yang dimiliki. Sehingga stok produk menumpuk sedangkan tiap minggu harus tetap order ke dealer. Modal tidak berputar sementara biaya membengkak karena harus bayar ini dan itu.
Langkah bijaksana yang harus dilakukan oleh anda yang memang sangat berminat untuk terjun di server pulsa, adalah dengan ikut jadi agen di server pulsa yang sudah eksis. Cari downline sebanyak-banyaknya. Anda tidak diburu order mingguan. Cara ini pun yang saya lakukan manakala kios pulsa belum memiliki server pulsa sendiri.
Cari agen/downline sebanyak-banyaknya lebih baik lagi lakukan secara online. Sehingga anda akan memiliki lebih banyak agen dari berbagai wilayah. Ini akan menutupi transaksi yang dilakukan agen-agen anda nantinya. Karena boleh jadi agen di daerah A menganggap harga produk server pulsa anda mahal, tapi di daerah B justru dianggap lebih murah. Dengan demikian anda masih boleh berharap akan tetap ada transaksi penjualan yang terjadi di server pulsa anda.
Berapa jumlah agen yang ideal untuk memulai bisnis server pulsa ini? Tidak ada angka yang absolut. Jika anda telah memiliki 100 agen yang aktif bolehlah anda merealisasikan ambisi anda memiliki server pulsa sendiri. Ingat agen aktif bukan total agen/downline anda. Jika pun anda telah memiliki 1000 agen tapi jarang yang aktif percuma. Intinya jika jumlah transaksi jaringan anda minimal 500 trx per hari anda bisa coba memulainya.
Demikian semoga bermanfaat untuk anda.

1 komentar: